Senin, 15 Februari 2010

ilmu budaya dasar

pada umumnya orang beranggapan bahwa ilmu budaya dasar dan ilmu sosial dasar adalah sama karena keduanya membahas mengenai keadaan dimasyarakat, namun jika kita tinjau isi dan cakupan apa yang dibahas pada kedua aspek tersebut jelas mempunyai perbedaan.
yang pertama kita bahas adalah ilmu sosial dasar, ilmu ini menjelaskan tentang suatu keadaan nyata yang terjadi dimasyarakat atau kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat yang telah terjadi. kejadian ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya pertentangan, keadaan ekonomi, kecemburuan sosial, rasa iri dan lain-lain dan dari hal tersebut terbentuklah realita sosial.
yang kedua ialah ilmu budaya dasar yang dimana ilmu ini berisi mengenai hubungan antara manusia dan budaya. suatu kelompok manusia harus mempunyai budaya karena dari hal itulah yang membedakan antara manusia satu dan manusia lainnya. keperbedaan ini kadang-kadang juga berpengaruh antar manusia karena dengan konsep tersebut manusia hanya bergaul dengan budaya yang ia miliki sebagai kelebihan yang ia agungkan. namun di era modern ini saat mereka sudah mengerti persatuan atau mengerti akan negaranya sendiri kebudayaan itu disatukan dan menjadi suatu ciri antar negara berbeda dari situlah terbentuknya pandangan hidup manusia.
ruang lingkup ilmu sosial dasar adalah antara manusia dan relita-realita fakta yang terjadi sedangkan ilmu budaya dasar adalah antara manusia dan budaya yang ia miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar